Pages

Sabtu, 03 Desember 2011

Banjir Lahar Dingin Merapi

lahar dingin merapi
lahar dingin merapi


Magelang: Sisa-sisa material Gunung Merapi terseret arus Sungai Pabelan, Magelang, Jawa Tengah, Ahad (4/12). Terjangan banjir lahar dingin hingga mengancam Jembatan Bojong Kojor. Warga terpaksa harus memutar hingga lima kilometer untuk dapat menyeberang ke desa tetangga. Sementara, sebagian warga lain nekat tetap menyeberang jembatan ditengah ancaman banjir.

Ancaman banjir lahar dingin juga mengintai rumah warga di Desa Blongkeng, Magelang. Tebing Kali Putih kembali longsor lantaran tergerus derasnya banjir lahar dingin.

Di Kulonprogo, Yogyakarta, tiga warga Desa Banjarharjo, Kulonprogo, terjebak di tengah Kaliprogo. Diperlukan waktu selama 10 jam untuk mengevakuasi warga dari banjir lahar dingin yang tiba-tiba datang. Tim SAR kesulitan mengevakuasi korban karena arus sungai sangat deras dan hari telah gelap.

Banjir lahar dingin di lereng Merapi tampaknya masih terus mengancam. Apalagi hujan masih akan terus turun dengan intensitas tinggi. Sisa-sisa letusan Oktober tahun lalu masih menyisakan jutaan kubik material yang setiap saat bisa terbawa air saat hujan turun.



sumber dari  http://berita.liputan6.com/read/365847/banjir-lahar-dingin-terjang-sungai-pabelan

2 komentar: